Aku menantimu disini ^_^

Jumat, 20 Januari 2012

pemanfaatan bunyi

PEMANFAATAN BUNYI





Nama          : Dwi Sulistyaningrum
Kelas           : XII IPA 1
No              : 20

     SMA N 2 WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL
PEMANFAATAN SUMBER BUNYI
1.      1. Mengukur kedalaman laut
Kedalam laut, bahkan lokasi kawasan ikan di bawah kapal dapat ditentukan dengan teknik pemantulan pulsa ultrasonik. Pulsa ultrasonik dipancarkan oleh instrumen yang disebut fathometer. Ketika pulsa mengenai dasar laut atau kawanan ikan, pulsa tersebut dipantulkan dan diterima oleh sebuah penerima. Dengan mengukur selang waktu antara saat pulsa ultrasonik dipancarkan dan diterima, kita dapat menghitung kedalaman laut. Jika pulsa pancar memerlukan waktu yang lama untuk kembali kepenerima maka lautnya dalam, tetapi jika pulsa kembali cepat kepada penerima maka laut tersebut dangkal.
2.      Mendeteksi retak – retak pada struktur logam
Untuk mendeteksi retak dalam struktur logam atau beton digunakan scanning ultrasonic inilah yang digunakan untuk memeriksa retak-retak tersembunyi pada bagian-bagian pesawat terbang, yang nanti bisa membahayakan penerbangan pesawat. Dalam pemerikasaan rutin, bagian-bagian penting dari pesawat di-scaning secara ultrasonic. Jika ada retakan dalam logam, pantulan ultrasonic dari retakan akan dapat dideteksi. Retakan ini kemudian diperiksa dan segera diatasi sebelum pesawat diperkenankan terbang.
3.      Kamera dan perlengkapan mobil
Dengan menggunakan suatu type SONAR yang diujicobakan sebagai alat yang dipasang sebagai perlengkapan mobil. Sistem akan menggunakan SONAR untuk menghitung jarak dari sebuah mobil dengan obyek – obyek yang berada didekatnya, seperti pinggiran jalan dan kendaraan yang lain. Data – data ini akan tersuplai kedepan pengemudi sehingga pengemudi dapat mengindari kecelakaan.
4.      USG
Alat kedokteran, misalnya pada pemeriksaan USG (ultrasonografi). Sebagai contoh, scaning ultrasonic dilakukan dengan menggerak-gerakan probe di sekitar kulit perut ibu yang hamil akan menampilkan gambar sebuah janin di layar monitor. Dengan mengamati gambar janin, dokter dapat memonitor pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan janin. Tidak seperti pemeriksaan dengan sinar X, pemeriksaan ultrasonik adalah aman (tak berisiko), baik bagi ibu maupun janinnya karena pemerikasaan atau pengujian dengan ultrasonic tidak merusak material yang dilewati, maka disebutlah pengujian ultrasonic adalah pengujian tak merusak (non destructive testing, disingkat NDT). Tehnik scanning ultrasonic juga digunakan untuk memeriksa hati (apakah ada indikasi kanker hati atau tidak) dan otak. Pembuatan perangkat ultrasound untuk menghilangkan jaringan otak yang rusak tanpa harus melakukan operasi bedah otak. “Dengan cara ini, pasien tidak perlu menjalani pembedahan otak yang berisiko tinggi. Penghilangan jaringan otak yang rusak bisa dilakukan tanpa harus memotong dan menjahit kulit kepala atau sampai melubangi tengkorak kepala.
5.      Menggunkan efek Dopler untuk mengukur kelajuan aliran darah,
Dengan menggunakan gelombang ultrasonik 5 – 10 MHz yang diarahkan ke pembuluh nadi dan suatu penerima R akan mendeteksi sinyal hamburan pantul. Frekuensi tampak sinyal pantul yang diterima bergantung pada kecepatan aliran darah.
Pengukuran kelajuan aliran darah dengan metode efek Dopler ini terutama aefektif untuk mendeteksi trombosis ( penyempitan pembuluh darah ) karena trombosis akan menyebabkan perubahan yang signifikan dalam kelajuan aliran darah. Keunggulan metode ini dibandingkan dengan metode konvensional adalah lebih murah dan hanya menyebabkan sedikit tidak nyaman pada pasien.
6.      Dalam bidang industri
Alat reflektoskop digunakan untuk memeriksa cacat pada besi tuang , cacat pada pelek ban mobil. Gelombang ultrasonik ini juga digunakan untuk mempercepat reaksi kimia. Getaran kuat dari gelombang ultrasonik juga digunakan untuk menggugurkan ikatan antara partikel kotoran dan bahan kain serta menggetarkan debu yang melekat sehingga lepas.
7.      Gelombang Ultrasonik pada kelelawar
Gelombang ultrasonik yang dipancarkan oleh kelelawar memungkinkan kelelawar dapat mengetahui jarak suatu benda terhadap dirinya berdasarkan selang waktu yang diperlukan oleh gelombang pancar untuk kembali. Hal ini menjadikan kelelawar yang terbang pada malam hari tidak bertabrakan.
8.      Kacamata Tunanetra
Kacamata tunanetra dilengkapi dengan pengiriman dan penerimaan ultrasonik sehingga tunanetra yang memakai kacamata ini dapat menetukan jarak benda yang berada disekitarnya.
9.      Di bidang industri, berbagai bentuk atau ukuran lubang pada gelas dan baja juga dapat dibuat dengan menggunakan bor – bor ultrasonik.
-.  Cepat rambat bunyi
a.       Cepat rambat gelombang bunyi juga dimanfaatkan oleh para nelayan untuk mengetahui siang dan malam.
b.      Pada malam hari kita mendengar suara lebih jelas daripada siang hari karena kerapatan udara pada malam hari lebih rapat dibandingkan dengan siang hari.
11.  Resonansi bunyi
Resonansi bunyi ini bermanfaat pada alat musik. Sehingga menghasilkan berbagai macam bentuk nada dan suara.
12.  Melalukan survei geofisika
Mendeteksi, menentukan lokasi dan mengklasifikasikan gangguan di bumi atau untuk menginformasikan struktur bumi, mendeteksi lapisan batuan yang mengandung endapan minyak.
13.  Pemanfaatan pemantulan gelombang Ultrasonik
Prinsip pemantulan ultrasonik dapat digunakan untuk mengukur ketebalan pelat logam, pipa dan pembungkus logam yang mudah korosi (karat).
14.  Telpon ikan
Teknologi sederhana yang dilakukan oleh nelayan tradisional di perairan laut jawa, yang biasa mereka sebut dengan telpon ikan. Yaitu mendeteksi keberadaan ikan dengan mendengarkan suara-suara melalui dayung mereka. Tetapi karena gelombang bunyi audible ( 20 Hz-20.000 Hz ) ini luas sekali jelajahnya, dan banyak sumber-sumber gangguannya, maka orang lebih cenderung menggunakan gelombang bunyi ultra ( ultrasonic ) dengan frekuensi > 20.000 Hz.
15.  Speaker
Speaker adalah salah satu pengeras suara. Speaker ini menggunakan pemanfaatan bunyi yang berupa bunyi audiosonik.
16.  Nada
Makin besar frekuensi getaran, maka semakin tinggi nada yang dihasilkan. Untuk mengetahui bentuk gelombang bunyi yang dihasilkan oleh suatu sumber bunyi dapat di gunakan alat yang disebut Osiloskop dapat mengubah gelombang bunyi menjadi sinyal-sinyal listrik yang kemudian muncul pada Osiloskop.
17.  Dalam bidang kedokteran bunyi dapat digunakan untuk terapi organ – organ tubuh bagian dalam yang terserang penyakit.
18.  Di bidang pertanian bunyi digunakan untuk meningkatkan kualitas hasil pertanian.
19.  Mencuci benda dengan ultrasonik
Beberapa benda seperti berlian dan bagian-bagian mesin, sangat sukar dibersihkan dengan menggunakan spon kasur atau ditergen keras. Getaran-getaran frekuensi tinggi dari ultrasonic dapat dimanfaatkan untuk merontokkan kotoran dari suatu objek. Suatu objek (berlian, komponen-komponen elektronik atau bagian-bagian mesin) dicelupkan dalam suatu cairan. Gelombang ultrasonic kemudian dikirim melalui cairan menyebabkan cairan bergetar dengan sangat kuat. Getaran cairan akan merontokkan kotoran yang menempel pada objek tanpa harus menggosok kotoran itu dengan keras.
210.  Bunyi Ultrasonik dapat mengukur kedalaman suatu benda di bawah permukaan kulit dari selang waktu pulsa pergi-pulang, sementara gambar yang dihasilkan oleh sinar-X adalah datar, tanpa ada petunjuk tentang kedalaman.



RANGKUMAN
Bunyi berdasarkan frekuensinya dibedakan menjadi bunyi Infrasonik adalah bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 Hz. Makhluk yang bisa mendengan bunyii infrasonik adalah jangkrik, bunyi Audiosonik adalah bunyi yang frekuensinya antara 20 Hz sampai dengan 20 kHz. atau bunyi yang dapat didengar manusia, dan bunyi Ultrasonik adalah bunyi yang frekuensinya lebih dari 20 kHz. makhluk yang dapat mendengar ultrasonik adalah lumba-lumba.
Dari pengelompokan bunyi berdasarkan frekuensinya tersebut, bunyi mempunyai beberapa manfaat dari frekuensi yang dihasilkan. Dari artikel manfaat bunyi diatas dapat diketahui bahwa bunyi yang paling berperan atau mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia adalah Bunyi Ultrasonik. Bunyi ultrasonik ini adalah bunyi yang frekuensinya sangat tinggi sehingga bunyi yang dihasilkan tersebut dapat digunakan untuk berbagai hal, karena dari bunyi yang dihasilkan akan menimbulkan pulsa bunyi yang sangat besar dan mampu menggetarkan benda atau zat yang berada di sekitarnya. Bunyi Audiosonik juga mempunyai manfaat namun perannya lebih sedikit digunakan daripada bunyi ultrasonik.
Jadi dari artikel diatas, bunyi dapat dimanfaatkan dalam segala bidang. Namun hanya bunyi tertentu yang dapat dimanfaatkan. Yaitu bunyi ultrasonik dan bunyi audiosonik. Namun dari kedua jenis bunyi ini yang berperan lebih besar dan yang digunakan untuk berbagai kegiatan adalah bunyi ultrasonik.


DAFTAR PUSTAKA
Drs. Supiyanto.2006.Fisika SMA Jilid 3. PT Phibeta Aneka Gama : Jakarta.
Purwanto, Budi. 2009. Fisika SMA Jilid 3Teori dan Implementasinya. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri : Solo.





Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

isi

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management