Aku menantimu disini ^_^

Jumat, 13 Januari 2012

soal peluang


Soal peluang
1.      Tentukan peluang munculnya semua angka pada pelemparan 5 buah uang logam!
2.      Dalam sebuah kotak terdapat 3 bola merah dan 2 bola putih. Tentukan peluang terambil bola merah, jika diambil 1 bola!
3.      Dalam sebuah kotak terdapat 6 bola merah dan 4 bola putih, diambil 2 bola sekaligus. Tentukan peluang terambil: (a) keduanya merah, (b) keduanya putih, (c) 1 merah dan 1 putih!
4.      Dalam suatu kotak terdapat 5 bola merah dan 3 bola putih, diambil 3 bola sekaligus. Tentukan peluang terambilnya: (a) ketiganya merah, (b) 2 merah dan 1 putih.
5.      Pada suatu  perkumpulan yang terdiri dari 10 orang akan dipilih ketua dan sekertarisnya. Berapa banyak susunan hasil pemilihan tersebut?
6.      Terdapat bilangan 1, 2, 3, 4, dan 5. Berapa banyak bilangan 3 angka dapat dibuat yang diambil dari angka tersebut tanpa pengulangan?
7.      Berapa banyaknya urutan yang dapat terjadi jika 7 gambar yang berbeda digantungkan dalam sebuah garis sehingga 1 gambar tertentu posisinya di tengah?
8.      Dalam berapa cara 6 buah buku dapat disusun pada sebuah rak buku?
9.      Terdapat 4 buku matematika yang berbeda, 3 buku fisika, dan 2 buku kimia yang berbeda. Buku-buku tersebut akan disusun pada sebuah rak. Ada berapa cara penyusunan tersebut jika buku yang sejenis harus berkelompok?
10. Dalam berapa cara 8 orang dapat duduk pada keliling meja apabila ada 2 orang tertentu harus selalu bersama-sama?
11. Dalam suatu ruangan terdapat 15 orang. Mereka saling bersalaman. Berapa banyak salaman yang terjadi?
12. Terdapat 5 titik di mana tidak ada 3 titik yang letaknya segaris. Berapa banyak garis yang bisa dibuat dari kelima titik tersebut?
13. Dari 10 orang atlet akan dibentuk tim bola voli. Berapa banyak tim yang bisa dibuat?
14. Terdapat 5 siswa putra dan 3 siswa putri, akan dipilih 2 siswa putra dan 2 siswa putri. Berapa banyak pemilihan tersebut dapat dilakukan?
15. Dalam berapa cara 3 orang dapat dipilih dari 15 orang jika: (a) 1 orang pasti terpilih, (b) 2 orang sudah pasti tidak terpilih.
16. Sebuah organisasi mempunyai 25 anggota, 4 di antaranya adalah dokter, akan dipilih 3 orang. (a) Berapa banyak cara pemilihan tersebut? (b) Berapa banyak pemilihan tersebut jika dokter tidak terpilih? (c) Berapa banyak pemilihan tersebut jika sekurang-kurangnya 1 dokter terpilih?
17. Dalam berapa cara 12 buku dapat dibagikan kepada 3 siswa sehingga setiap siswa menerima 4 buku? 




0 komentar:

Posting Komentar

isi

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management