A. PERKEMBANGAN BIOLOGI
1.
Perbedaan utama biologi dengan
ilmu pengetahuan lainnya terutama dalam hal ….
a. Objek kajiannya d. pendekatan yang digunakan
b. Cara mengujinya e. Tujuan pembelajarannya
c. Cara analisisnya
2. Hal yang membedakan antara ilmu biologi
dengan ilmu yang lain adalah...
a.Obyek keilmuannya d. Pengetahuannya
b. Metodologi keilmuannya e. Pengetahuannya
c. Nilai ilmiahnya
3. Pengertian biologi yang paling tepat adalah
....
a. Ilmu yang mempelajari tentang semua
makhluk hidup sekarang ini
b. Ilmu yang mempelajari semua makhluk hdup
pada masa kini dan pada masa lampau
c. Ilmu yang mempelajari keseimbangan alam
d. Ilmu yang mempelajari produsen dan
konsumen
e. Ilmu yang mempelajarikomponen-komponen
ekosistem
4. Yang bukan
merupakan ciri makhluk hidup adalah ....
a. Melakukan respon terhadap rangsangan dari
lingkungan
b. Berkembangbiak
c. Tersusun atas sel dan jaringan yang
kompleks
d.
Bernapas menggunakan karbondioksida
e. Melakukan pergerakan
B.
RUANG LINGKUP BIOLOGI
1. Berikut ini merupakan contoh permasalahan
biologi di tingkat populasi adalah ....
a. Seekor burung jalak di atas punggung
kerbau
b. Benalu di pohon mangga
c.
Sekelompok kerbau yang merumput
d. Kolam dengan seluruh isinya
e. Pengamatan mikroskopis irisan bawang putih
2. Yang dipelajari dalam biologi adalah ....
a. Semua makhluk hidup yang ada sekarang
b.
Semua makhluk hidup yang ada sekarang dan
di masa lampau
c. Keseimbangan ekologis
d. Hubungan antara produsen dan konsumen
e. Komponen-komponen ekosistem
3. Organisasi kehidupan tingkat seluler
ditunjukkan oleh ....
a.
Aurelia aurita d. Gloeocapsa
b.
Virus T e. Pleoritus
c. Eschericia coli
4. Perhatikan obyek studi ”biologi” berikut
ini :
1)
Entamoeba coli 4)
Chlonorchis sinensis
2)
Paramaecium caudatum 5)
Volvariella volvacea
3)
Trypanosoma evansi 6) Apis indica
Yang merupakan obyek biologi tingkat seluler adalah ...
a. 1, 2 dan 3 d. 3, 5 dan 6
b. 1, 2 dan 4 e. 4, 5 dan 6
c. 1, 2 dan 5
5. Contoh permasalahan biologi di tingkat
ekosistem yang banyak terjadi di Sleman adalah ....
a. Banyaknyalahan subur yang berubah fungsi
menjadi kawasan perumahan
b. Rendahnya harga ”salak pondoh” saat musim
panen
c. ”salak pondoh” yang banyak dibudidayakan
di daerah lain
d. Banyaknya ”pasir Sleman” yang dibawa ke
luar daerah Sleman
e. Banyaknya pencari kerja yang berasal dari
luar Sleman
6. Kloning domba ”Si Dolly” merupakan
permasalahan bioteknologi yang bekerja pada tingkat ....
a. Molekul d. Populasi
b. Sel e. Individu
c. jaringan
7. Dalam sebuah media cetak disebutkan bahwa
”Pemanasan Global Picu Berkembangnya Nyamuk”. Pemanasan global tersebut
merupakan permasalahan biologi pada tingkat....
a. Individu d. Bioma
b. Populasi e. Biosfer
c. Komunitas
8. Suatu organisme tersusu dari berbagai sel,
jaringan, organ. Dan sistem organ sehingga secara tidak langsung sel merupakan
penyusun suatu makhluk hidup. Pengertian tersebut menjelaskan bahwa suatu
organisme tersusun oleh sel. Pernyataan yang tepan mengenai konsep ini adalah
....
a.
Sel
merupakan kesatuan pertumbuhan suatu organisme
b.
Sel
merupakan kesatuan reproduksi organisme
c.
Sel
merupakan kesatuan hereditas suatu organisme
d.
Sel
merupakan kesatuan struktural suatu organisme
e.
Sel
merupakan kesatuan fungsional suatu organisme
C.
CABANG-CABANG BIOLOGI
1. Seorang ilmuwan yang ahli dalam meneliti
mikroorganisme penyebab penyakit pastilah menguasai ....
a. Virologi d. Imunologi
b. Mikrobiologi e. Palaentologi
c.
parasitologi
2. Cabang biologi yang berkaitan dengan
teknik kloning hewan adalah ....
a. Anatomi, fisiologi d. Genetika, bioteknologi
b. Morfologi, anatomi e. Genetika, histologi
c. Zoologi, fisiologi
3. Perhatikan cabang-cabang biologi berikut :
1) Genetika 4)
Onkologi
2) Histologi 5)
Botani
3) Ornithologi
Yang berkasitan langsung dengan usaha penemuan ”varietas salak” yang unggul
adalah ...
a. 1 dan 2 d. 3 dan 4
b. 1 dan 3 e. 4 dan 5
c.
1 dan 5
4. Cabang biologi yang berhubungan dengan penggolongan makhluk
hidup disebut ....
a.
Zoologi d. Ekologi
b.
Botani e.
Entomologi
c.
Taksonomi
5.
Hubungan antara makhluk hidup
dan lingkungannya merupakan masalah penting dalam biologi. Bidang pengetahuan
yang mempelajari masalah ini adalah ….
a.
Genetika d. Taksonomi
b.
Ekologi e. zoologi
c.
Fisiologi
6.
Ilmu yang mempelajari
perkembangan organisme sejak dari sel telur yang telah dibuahi sampai
terjadinya individu lengkap disebut ….
a.
Ginekologi d. Anatomi
b.
Embriologi e. Reprodukasi
c.
Kebidanan
7.
Untuk menjadi seorang dokter spesialis bedah
diperlukan cabang-cabang ilmu biologi berikut ini, kecuali ….
a.
Histologi d. Anatomi
b.
Sitologi e. Fisiologi
c. Genetika
D. PERANAN BIOLOGI BAGI
KEHIDUPAN MANUSIA
1. Ditinjau dari kemanfaatannya bagi kehidupan manusia, biologi tergolong
”basic science”. Yang
termasuk satu golongan dengan ilmu biologi adalah ....
a.
Ilmu kedokteran hewan dan kedokteran gigi
b. Pertanian dan fisika
c. Kimia dan fisika
d. Kimia dan kehutanan
e. Matematika dan agronomi
2. Diantara pernyataan berikut ini yang bukan
manfaat mempelajari biologi bagi manusia adalah ....
a. Membantu manusia mengenali dirinya
sebagai makhluk hidup
b. Membantu mengenali lingkungannya
c. Membantu menemukan sumber makanan
baru
d. Sebagai ilmu dasar
e. Membantu menemukan bibit-bibit unggul
3. Peran bakteri dalam “daur materi suatu
ekosistem adalah ...
a. Menghubungkan antara ”produsen dan
konsumen” dengan produsen
b. Menghubungkan antara produsen dengan
konsumen primer
c. Menghubungkan antara produsen dengan
konsumen primer
d. Menghubungkan antara produsen dengan
konsumen III
e. Menghubungkan antara produsen dengan
konsumen I
4. Nata de coco merupakan makanan yang banyak
dijumpai di sekitar kita, untuk membuatnya diperlukan bantuan ....
a. Lactobacillus
bulgaris d. Acetobacter
xylinum
b.
Pseudomonas cocovenenans e. Clostridium botulinum
c.
Streptomyces griceus
E.
METODE ILMIAH
1. Seorang siswa SMA Mlati diberi tugas
”mandiri” untuk melakukan penelitian tentang ”Pengaruh awan panas Merapi terhadap
vegetasi lereng merapi” Langkah pertama yang harus dilakukan siswa tersebut
adalah ....
a. Menyusun hipotesis d. Melakukan eksperimen
b. Mengemukakan teori e.
Melakukan observasi
c. Mengemukakan masalah baru
2. Setelah diadakan penelitian oleh ahli medis,
diketahui bahwa AIDS disebabkan oleh virus HIV. Dalam pemecahan masalah biologi
secara ilmiah, pernyataan di atas merupakan ....
a. Masalah d. Analisis
b. Observasi e. Kesimpulan
c. Hipotesis
3. Perhatikan tabel di bawah ini !
No
|
Nama lokal
|
Nama ilmiah
|
1
|
Lada
|
Piper ningrum
|
2
|
Jeruk keprok
|
Citrus Nobilis
|
3
|
Nangka
|
Arthrocarpus integra
|
Manakah pernyataan yang benar berkaitan dengan penulisan nama ilmiah yang
tercantum dalam tabel ?
a. Penulisan nama ilmiah jeruk keprok salah,
sebab dua kata penyusunnya digarisbawahi
b.
Penulisan nama ilmiah jeruk keprok salah,
sebab tidak ditulis miring
c. Penulisan nama ilmiah lada salah, sebab
tidak diberi garis bawah
d. Penulisan nama ilmiah nangka salah, sebab
tidak menggunakan huruf kapital untuk semua huruf
e. Penulisan nama ilmiah lada benar, sebab hurufnya
ditulis tegak
4. Di sekitar kita terdapat tanaman kelapa
gading, kelapa hibrida, kelapa hijau, dan kelapa kopyor. Adanya tanaman kelapa
yang berbeda-beda tersebut merupakan ....
a. Keanekaragaman ekosistem d. Keanekaragaman
gen
b. Keanekaragaman populasi e. Keanekaragaman induk jantan
c. Keanekaragaman jenis
5. Kegiatan klasfikasi makhluk hidup
dimaksudkan untuk ....
a. Memberi nama organisme
b.
Menyederhanakan obyek studi
c. Mengenal organisme dengan baik
d. Membuat kelompok-kelompok organisme
e. Membedakan ciri-ciri antara organisme satu
dengan lainnya
6. Klasifikasi makhluk hidup yang beraneka
ragam bertujuan untuk ....
a. Mencari perbedaan d. Menentukan ciri-cirinya
b. Memudahkan mempelajarinya e. Mengenal lebih baik
c. Mencari persamaan
7. Dari pernyataan di bawah ini, yang bukan
merupakan aturan sistem penamaan pada mahluk hidup yang dikenal dengan binomial nomenclature adalah ....
a. Kata pertama merupakan nama genus, kata
kedua petunjuk spesies
b. Kata pertama diawali huruf kapital, kata
kedua diawali huruf kecil
c. Terdiri dari dua kata latin atau yang
dilatinkan
d. Ditulis miring atau digarisbawahi
secara terpisah
e.
Nama penemu tidak boleh dicantumkan
bersama nama spesies
8. Klasifikasi merupakan cara
mempermudah mempelajari organisme yang beraneka ragam. Salah satu tokoh yang dikenal dengan sebutan
”Bapak taksonomi” adalah ....
a. Gregor Mendel d. Louise Pasteur
b. Charles Darwin e. Anthony Van Leuwenkoek
c. Carolus Linneaus
9. Urutan tingkatan takson dalam sistematik
tumbuhan dari tingkat terendah yang benar adalah ....
a. spesies - genus - ordo - familia - kias -
divisio.
b. spesies - genus -
familia - ordo - klas - divisio
c. spesies - genus - ordo - familia - kias –
filum
d. divisic - kias - ordo - familia - genus –
spesies
e. filum - kias - familia - ordo - genus
spesies
10. Urutan takson pada hewan dari yang
rendah ke yang tinggi adalah ....
a. Filum – kelas – ordo – famili – genus –
spesies
b.
Spesies – genus – famili – ordo –
kelas – filum
c. Kelas – ordo– famili– filum– genus–
spesies
d. Ordo – kelas – famili – filum – spesies –
genus
e. Famili – genus – spesies – ordo – kelas -
filum
11. Tingkatan takson makhluk hidup dan
yang paling rendah sampai paling tinggi adalah ....
a. species - genus - familia - ordo - kelas
b. genus - familia - ordo - kelas - species
c. familia - ordo - kelas - species - genus
d. ordo - kelas - species - genus - familia
e. kelas - ordo - familia - genus - species
12. Nama ilmiah lada adalah Piper nigrum sedangkan nama ilmiah dari sirih Piper
betle, dengan demikian lada dan sirih ....
a. Spesies sama, genus berbeda d. Spesies sama, genus sama
b. Genus sama, famili berbeda e. Spesies, genus, dan famili berbeda
c. Genus sama, spesies berbeda
13. Dalam klasifikasi sistem 5 kingdom
kelompok makhluk yang termasuk animalia mempunyai ciri-ciri ....
A. bersel satu, prokarion D.
bersel banyak, prokarion, tak berklorofil
B. bersel satu, eukarion E.
bersel banyak, eukarion, berklorofil
C. bersel banyak,
eukarion, tak berklorofil
14. Dasar klasifikasi yang membedakan
Plantae dan Animalia adalah ....
a. Dapat tidaknya bergerak d. Ada
tidaknya klorofil
b. Cara memperoleh makanan e. Keadaan dinding sel
c. Keadaan inti
15. Cara penulisan yang benar menurut sistem
binomial adalah ....
a. Cocos
Nucifera d. Cocos nucifera
b. Cocos nucifera e.
cocos nucifera
c. Cocos Nucifera
16. Akhiran ales pada makhluk hidup, misalnya Cyperales menunjukkan takson
....
a. Genus d. Ordo
b. Filum e. Famili
c. Kelas
17. Urutan takson dalam klasifikasi yang
menunjukkan hubungan kekerabatan paling dekat adalah ..
a. Kelas d. Famili
b. Ordo e. Genus
c.
Spesies
18. Berikut ini adalah berbagai macam
tanaman:
1. Jagung manis 5.
Palem
2. Kelapa hijau 6.
Kelapa gading
3. Aren 7.
Jagung merah
4. Jagung kuning
Tanaman yang menunjukkan keanekaragaman tingkat jenis adalah ....
a. 1,2,dan3 d.
2,3,dan6
b. 2, 3, dan 5 e.
2, 5, dan 6
c. 1,4,dan7
19. Kucing dan anjing termasuk dalam
kelompok genus yang sama, maka kedua hewan tersebut memiliki ....
a. ordo dan familia yang berbeda d familia sama, spesies beda
b. kelas dan filum yang berbeda e. ordo sama, spesies sama
c. ordo sama, familia berbeda
0 komentar:
Posting Komentar