Aku menantimu disini ^_^

Jumat, 24 Februari 2012

Soal Hakekat Biologi



A.    PERKEMBANGAN BIOLOGI

1.      Perbedaan utama biologi dengan ilmu pengetahuan lainnya terutama dalam hal ….
a.       Objek kajiannya                                            d.   pendekatan yang digunakan
b.      Cara mengujinya                                             e.   Tujuan pembelajarannya
c.       Cara analisisnya

2.      Hal yang membedakan antara ilmu biologi dengan ilmu yang lain adalah...
a.Obyek keilmuannya                                           d.   Pengetahuannya
b.      Metodologi keilmuannya                                e.   Pengetahuannya
c.      Nilai ilmiahnya

3.      Pengertian biologi yang paling tepat adalah ....
a.    Ilmu yang mempelajari tentang semua makhluk hidup sekarang ini
b.   Ilmu yang mempelajari semua makhluk hdup pada masa kini dan pada masa lampau
c.    Ilmu yang mempelajari keseimbangan alam
d.   Ilmu yang mempelajari produsen dan konsumen
e.    Ilmu yang mempelajarikomponen-komponen ekosistem

4.      Yang bukan merupakan ciri makhluk hidup adalah ....
a.    Melakukan respon terhadap rangsangan dari lingkungan
b.    Berkembangbiak
c.    Tersusun atas sel dan jaringan yang kompleks
d.   Bernapas menggunakan karbondioksida
e.    Melakukan pergerakan


B.     RUANG LINGKUP BIOLOGI

1.      Berikut ini merupakan contoh permasalahan biologi di tingkat populasi adalah ....
a.    Seekor burung jalak di atas punggung kerbau
b.    Benalu di pohon mangga
c.    Sekelompok kerbau yang merumput
d.   Kolam dengan seluruh isinya
e.    Pengamatan mikroskopis irisan bawang putih

2.      Yang dipelajari dalam biologi adalah ....
a.    Semua makhluk hidup yang ada sekarang
b.   Semua makhluk hidup yang ada sekarang dan di masa lampau
c.    Keseimbangan ekologis
d.   Hubungan antara produsen dan konsumen
e.    Komponen-komponen ekosistem

3.      Organisasi kehidupan tingkat seluler ditunjukkan oleh ....
a.    Aurelia aurita                                      d.   Gloeocapsa
b.    Virus T                                                            e.   Pleoritus
c.    Eschericia coli

4.      Perhatikan obyek studi ”biologi” berikut ini  :
1)      Entamoeba coli                       4)  Chlonorchis sinensis
2)      Paramaecium caudatum         5)   Volvariella volvacea
3)      Trypanosoma evansi               6)   Apis indica
Yang merupakan obyek biologi tingkat seluler adalah ...
a.    1, 2 dan 3                                                        d.   3, 5 dan 6
b.    1, 2 dan 4                                                        e.   4, 5 dan 6
c.    1, 2 dan 5

5.      Contoh permasalahan biologi di tingkat ekosistem yang banyak terjadi di Sleman adalah ....
a.       Banyaknyalahan subur yang berubah fungsi menjadi kawasan perumahan
b.      Rendahnya harga ”salak pondoh” saat musim panen
c.       ”salak pondoh” yang banyak dibudidayakan di daerah lain
d.      Banyaknya ”pasir Sleman” yang dibawa ke luar daerah Sleman
e.       Banyaknya pencari kerja yang berasal dari luar Sleman

6.      Kloning domba ”Si Dolly” merupakan permasalahan bioteknologi yang bekerja pada tingkat ....
a.    Molekul                                                           d.   Populasi
b.    Sel                                                                   e.   Individu
c.    jaringan

7.      Dalam sebuah media cetak disebutkan bahwa ”Pemanasan Global Picu Berkembangnya Nyamuk”. Pemanasan global tersebut merupakan permasalahan biologi pada tingkat....
a.    Individu                                                          d.  Bioma
b.    Populasi                                                          e.  Biosfer
c.    Komunitas

8.      Suatu organisme tersusu dari berbagai sel, jaringan, organ. Dan sistem organ sehingga secara tidak langsung sel merupakan penyusun suatu makhluk hidup. Pengertian tersebut menjelaskan bahwa suatu organisme tersusun oleh sel. Pernyataan yang tepan mengenai konsep ini adalah ....
a.    Sel merupakan kesatuan pertumbuhan suatu organisme
b.    Sel merupakan kesatuan reproduksi organisme
c.    Sel merupakan kesatuan hereditas suatu organisme
d.   Sel merupakan kesatuan struktural suatu organisme
e.    Sel merupakan kesatuan fungsional suatu organisme

C.    CABANG-CABANG BIOLOGI

1.      Seorang ilmuwan yang ahli dalam meneliti mikroorganisme penyebab penyakit pastilah menguasai ....
a.    Virologi                                                           d.   Imunologi
b.    Mikrobiologi                                                   e.   Palaentologi
c.    parasitologi

2.      Cabang biologi yang berkaitan dengan teknik kloning hewan adalah ....
a.    Anatomi, fisiologi                                           d.   Genetika, bioteknologi
b.    Morfologi, anatomi                                         e.   Genetika, histologi
c.    Zoologi, fisiologi

3.      Perhatikan cabang-cabang biologi berikut :
1)   Genetika                      4)   Onkologi
2)   Histologi                     5)   Botani
3)   Ornithologi
Yang berkasitan langsung dengan usaha penemuan ”varietas salak” yang unggul adalah ...
a.    1 dan 2                                                            d.   3 dan 4
b.    1 dan 3                                                            e.   4 dan 5
c.    1 dan 5

4.      Cabang biologi  yang berhubungan dengan penggolongan makhluk hidup disebut ....
a.    Zoologi                                                           d.   Ekologi
b.    Botani                                                             e.   Entomologi
c.    Taksonomi

5.      Hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya merupakan masalah penting dalam biologi. Bidang pengetahuan yang mempelajari masalah ini adalah ….
a.    Genetika                                                         d.  Taksonomi
b.    Ekologi                                                           e.  zoologi
c.    Fisiologi

6.      Ilmu yang mempelajari perkembangan organisme sejak dari sel telur yang telah dibuahi sampai terjadinya individu lengkap disebut ….
a.    Ginekologi                                                      d.  Anatomi
b.    Embriologi                                                      e.  Reprodukasi
c.    Kebidanan

7.      Untuk menjadi seorang dokter spesialis bedah diperlukan cabang-cabang ilmu biologi berikut ini, kecuali ….
a.    Histologi                                                         d.  Anatomi
b.    Sitologi                                                           e.  Fisiologi
c.    Genetika

D.    PERANAN BIOLOGI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA

1.      Ditinjau dari kemanfaatannya bagi kehidupan manusia, biologi tergolong ”basic science”. Yang termasuk satu golongan dengan ilmu biologi adalah ....
a.    Ilmu kedokteran hewan dan kedokteran gigi
b.    Pertanian dan fisika
c.    Kimia dan fisika
d.   Kimia dan kehutanan
e.    Matematika dan agronomi

2.      Diantara pernyataan berikut ini yang bukan manfaat mempelajari biologi bagi manusia adalah ....
a.    Membantu manusia mengenali dirinya sebagai makhluk hidup
b.    Membantu mengenali lingkungannya
c.    Membantu menemukan sumber makanan baru
d.   Sebagai ilmu dasar
e.    Membantu menemukan bibit-bibit unggul

3.      Peran bakteri dalam “daur materi suatu ekosistem adalah ...
a.       Menghubungkan antara ”produsen dan konsumen” dengan produsen
b.      Menghubungkan antara produsen dengan konsumen primer
c.       Menghubungkan antara produsen dengan konsumen primer
d.      Menghubungkan antara produsen dengan konsumen III
e.       Menghubungkan antara produsen dengan konsumen I

4.      Nata de coco merupakan makanan yang banyak dijumpai di sekitar kita, untuk membuatnya diperlukan bantuan ....
a.    Lactobacillus bulgaris                         d.  Acetobacter xylinum
b.    Pseudomonas cocovenenans                          e.  Clostridium botulinum
c.    Streptomyces griceus


E.     METODE ILMIAH

1.      Seorang siswa SMA Mlati diberi tugas ”mandiri” untuk melakukan penelitian tentang ”Pengaruh awan panas Merapi terhadap vegetasi lereng merapi” Langkah pertama yang harus dilakukan siswa tersebut adalah ....
a.    Menyusun hipotesis                                        d.   Melakukan eksperimen
b.    Mengemukakan teori                                      e.   Melakukan observasi
c.    Mengemukakan masalah baru



2.      Setelah diadakan penelitian oleh ahli medis, diketahui bahwa AIDS disebabkan oleh virus HIV. Dalam pemecahan masalah biologi secara ilmiah, pernyataan di atas merupakan ....
a.    Masalah                                                           d.   Analisis
b.    Observasi                                                        e.   Kesimpulan
c.    Hipotesis

3.      Perhatikan tabel di bawah ini !

No
Nama lokal
Nama ilmiah
1
Lada
Piper ningrum
2
Jeruk keprok
Citrus Nobilis
3
Nangka
Arthrocarpus integra

Manakah pernyataan yang benar berkaitan dengan penulisan nama ilmiah yang tercantum dalam tabel ?
a.      Penulisan nama ilmiah jeruk keprok salah, sebab dua kata penyusunnya digarisbawahi
b.     Penulisan nama ilmiah jeruk keprok salah, sebab tidak ditulis miring
c.      Penulisan nama ilmiah lada salah, sebab tidak diberi garis bawah
d.     Penulisan nama ilmiah nangka salah, sebab tidak menggunakan huruf kapital untuk semua huruf
e.      Penulisan nama ilmiah lada benar, sebab hurufnya ditulis tegak

4.      Di sekitar kita terdapat tanaman kelapa gading, kelapa hibrida, kelapa hijau, dan kelapa kopyor. Adanya tanaman kelapa yang berbeda-beda tersebut merupakan ....
a.      Keanekaragaman ekosistem                            d.  Keanekaragaman gen
b.      Keanekaragaman populasi                              e.  Keanekaragaman induk jantan
c.      Keanekaragaman jenis

5.      Kegiatan klasfikasi makhluk hidup dimaksudkan untuk ....
a.      Memberi nama organisme                              
b.     Menyederhanakan obyek studi                  
c.      Mengenal organisme dengan baik
d.     Membuat kelompok-kelompok organisme
e.      Membedakan ciri-ciri antara organisme satu dengan lainnya

6.      Klasifikasi makhluk hidup yang beraneka ragam bertujuan untuk ....
a.    Mencari perbedaan                                          d.  Menentukan ciri-cirinya
b.    Memudahkan mempelajarinya                    e.  Mengenal lebih baik
c.    Mencari persamaan

7.      Dari pernyataan di bawah ini, yang bukan merupakan aturan sistem penamaan pada mahluk hidup yang dikenal dengan binomial nomenclature adalah ....
a.      Kata pertama merupakan nama genus, kata kedua petunjuk spesies
b.      Kata pertama diawali huruf kapital, kata kedua diawali huruf kecil
c.      Terdiri dari dua kata latin atau yang dilatinkan
d.     Ditulis miring atau digarisbawahi secara terpisah
e.      Nama penemu tidak boleh dicantumkan bersama nama spesies

8.      Klasifikasi merupakan cara mempermudah mempelajari organisme yang beraneka ragam. Salah satu tokoh yang dikenal dengan sebutan ”Bapak taksonomi” adalah ....
a.    Gregor Mendel                                                            d.  Louise Pasteur
b.    Charles Darwin                                                e.  Anthony Van Leuwenkoek
c.    Carolus Linneaus

9.      Urutan tingkatan takson dalam sistematik tumbuhan dari tingkat terendah yang benar adalah ....
a. spesies - genus - ordo - familia - kias - divisio.
b. spesies - genus - familia - ordo - klas - divisio
c. spesies - genus - ordo - familia - kias – filum
d. divisic - kias - ordo - familia - genus – spesies
e. filum - kias - familia - ordo - genus spesies

10.  Urutan takson pada hewan dari yang rendah ke yang tinggi adalah ....
a.    Filum – kelas – ordo – famili – genus – spesies
b.   Spesies – genus – famili – ordo – kelas – filum
c.    Kelas – ordo– famili– filum– genus– spesies
d.   Ordo – kelas – famili – filum – spesies – genus
e.    Famili – genus – spesies – ordo – kelas - filum




11.  Tingkatan takson makhluk hidup dan yang paling rendah sampai paling tinggi adalah ....
a. species - genus - familia - ordo - kelas
b. genus - familia - ordo - kelas - species
c. familia - ordo - kelas - species - genus
d. ordo - kelas - species - genus - familia
e. kelas - ordo - familia - genus - species

12.  Nama ilmiah lada adalah Piper nigrum sedangkan nama ilmiah dari sirih Piper betle, dengan demikian lada dan sirih ....
a.    Spesies sama, genus berbeda                           d.  Spesies sama, genus sama
b.    Genus sama, famili berbeda                             e.  Spesies, genus, dan famili berbeda
c.    Genus sama, spesies berbeda

13.  Dalam klasifikasi sistem 5 kingdom kelompok makhluk yang termasuk animalia mempunyai ciri-ciri ....
A. bersel satu, prokarion                                       D. bersel banyak, prokarion, tak berklorofil
B. bersel satu, eukarion                                         E. bersel banyak, eukarion, berklorofil
C. bersel banyak, eukarion, tak berklorofil

14.  Dasar klasifikasi yang membedakan Plantae dan Animalia adalah ....
a.    Dapat tidaknya bergerak                                 d.  Ada tidaknya klorofil
b.    Cara memperoleh makanan                              e.  Keadaan dinding sel
c.    Keadaan inti

15.  Cara penulisan yang benar menurut sistem binomial adalah ....
a.    Cocos Nucifera                                                d.  Cocos nucifera
b.    Cocos nucifera                                                            e.  cocos nucifera
c.    Cocos Nucifera

16.  Akhiran ales pada makhluk hidup, misalnya Cyperales  menunjukkan takson ....
a.    Genus                                                               d.  Ordo
b.    Filum                                                                e.  Famili
c.    Kelas

17.  Urutan takson dalam klasifikasi yang menunjukkan hubungan kekerabatan paling dekat adalah ..
a.    Kelas                                                                d.  Famili
b.    Ordo                                                                e.  Genus
c.    Spesies

18.  Berikut ini adalah berbagai macam tanaman:
1. Jagung manis                             5. Palem
2. Kelapa hijau                              6. Kelapa gading
3. Aren                                          7. Jagung merah
4. Jagung kuning
Tanaman yang menunjukkan keanekaragaman tingkat jenis adalah ....
a. 1,2,dan3                                                d. 2,3,dan6
b. 2, 3, dan 5                                             e. 2, 5, dan 6
c. 1,4,dan7

19.  Kucing dan anjing termasuk dalam kelompok genus yang sama, maka kedua hewan tersebut memiliki ....
a. ordo dan familia yang berbeda                         d familia sama, spesies beda
b. kelas dan filum yang berbeda               e. ordo sama, spesies sama
c. ordo sama, familia berbeda
















0 komentar:

Posting Komentar

isi

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management